tanjung layar

Tanjung Layar adalah sebuah tanjung di kecamatan Bayah, Lebak, Provinsi Banten. Di masa Hindia Belanda, tanjung ini namanya Java’s Eerste Punt atau “ujung pertama pulau Jawa”, maksudnya bila orang berlayar datang dari barat.

Dulu kawasan sekitarnya adalah Perkebunan Kelapa Sawarna yang didirikan di masa Hindia Belanda, kemudian setelah Indonesia merdeka, dikelola oleh Perhutani setempat. Kemudian pemerintah daerah mengambil alih kawasan ini sebagai kawasan wisata

Tanjung Layar berada tak jauh dari Pantai Ciantir. Apabila menyusuri garis Pantai Ciantir hingga ke sisi lain pantai ini, Para Indoisme dapat dengan mudah menemukan Pantai Tanjung Layar yang terkenal dengan keunikan karangnya.

Bila tiba di pantai ini akan segera terjawab pertanyan mengapa pantainya disebut Pantai Tanjung Layar karena Di pantai ini terdapat dua buah batu karang raksasa yang berbentuk seperti layar kapal yang terkembang. Keunikan bentuk karang ini membuat Pantai Tanjung Layar kerap menjadi obyek fotografi yang menarik.

Menurut legenda masyarakat sekitar Tanjung Layar merupakan sebuah kapal dari Kabayan dan kedua karang besar tersebut merupakan sebuah layar bila Para Indoisme melihat dari ketinggian akan terlihat jelas batu-batu karang yang tersusun rapih menyerupai sebuah kapal, dipercayai bila ada Wisatawan atau Warga yang melakukan hal-hal diluar norma dan agama masyarakat sekitar akan terkena bencana dan kedua karang besar tersebut sedikit demi sedikit akan terkikir karena energinya telah berkurang untuk memberi hukuman pada mereka yang tak bermoral. Photo by Wiell Budiman

INDO IS ME ini INDONESIAKU

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *