Berita Terkini Hari Ini, Informasi semua mengenai Indonesia

Makanan Khas Sunda yang Menggugah Selera

Bakakak Hayam (Foto: iStock)

Kumaha damang sadayana? Bagaimana kabarnya semuanya? Bahasa Sunda memiliki keunikan tersendiri yang menarik untuk dipelajari. Bahasa sunda sangat umum digunakan dalam keseharian masyarakat daerah Jawa Barat, seperti Majalengka, Bogor, Tasikmalaya, Kuningan, Bekasi, Garut, Ciamis, Sukabumi, Subang, Purwakarta, Sumedang, Cianjur, Karawang, Bandung, Bandung Barat, dan Cirebon. 

Tanah Sunda selalu menarik untuk ditelusuri jejak-jejak sejarah, budaya, bahkan wisatanya. Termasuk wisata kuliner yang menggugah selera. Apa saja ya makanan khas tanah Sunda yang istimewa dan patut dicoba? Yuk, simak beberapa pilihannya berikut ini:

  1. Nasi Liwet
Foto: iStock/MielPhotos2008

Nasi liwet sebenarnya bukan hanya orang Sunda saja yang membuatnya. Orang Solo jug punya makanan serupa. Namun, nasi liwet orang Sunda pasti punya hal yang istimewa. Nasi liwet ini adalah menu makanan nasi yang dimasak bersamaan dengan bumbunya. Biasanya beras dibersihkan dan dimasak bersama dengan bumbu, seperti garam, daun salam, lengkuas, bawang merah, bawang putih, dan santan. Jadi nasinya nanti akan lebih gurih dan empuk. 

Nah, lauk pauk yang cocok dihidangkan bersama nasi liwet ini bisa berupa lalapan, aneka sambal, tahu, tempe, sayur, ayam bakar, ikan asin, pete, tumis oncom leunca, telur dadar, dan banyak lagi. Nasi liwet ini lebih nikmat jika disantap bersama dan ditata di atas daun pisah. Wah, pasti nikmat sekali. Bisa nambah lagi dan lagi. 

  1. Nasi Tutug Oncom
Foto: iStock//MielPhotos2008

Ini adalah makanan khas Tasikmalaya. Nasi Tutug Oncom ini ciri khasnya adalah nasi putih dimasak atau dioseng bersama dengan oncom bakar yang ditutug/ditumbuk dan ditumis dengan bumbu lainnya. Cita rasanya begitu gurih dan harum karena ditambah daun kemangi. 

Aromanya yang wangi, dimakan anget-anget bersama dengan lauk ayam goreng, tahu, tempe, lalapan, dan sambal, hmm rasanya begitu nikmat. Pantas saja semua orang yang makan Nasi Tutug Oncom ini begitu lahap menghabiskannya. Siapa sangka jika dulunya menu makanan ini adalah untuk kalangan kelas bawah. Sekarang, menu ini menjadi favorit masyarakat Sunda di semua kalangan dengan cita rasa yang istimewa.  

  1. Karedok
Foto: iStock/MielPhotos2008

Jika Anda pernah makan gado-gado atau lotek, nah menu karedok ini hampir sama. Bedanya, karedok menggunakan sayuran yang mentah seperti timun, tauge, kacang panjang, terong, kol, dan kemangi. Seperti salad sayur dengan bumbu sambal kacang tanah. Bisa jadi menu diet harian nih. Makan salad sayur dengan rasa yang berbeda. 

  1. Tahu Gejrot
Foto: iStock/sri widyowati

Siapa sangka jika menu tahu gejrot ini ternyata berasal dari tanah Sunda, tepatnya di daerah Cirebon. Tahu dipotong lalu digejrot atau diulek bersama dengan cabai, bawang merah, bawang putih, daun bumbu lainnya. Kemudian disiram dengan kuah cuka dari asam jawa dan gula merah. Hasilnya menjadi menu makanan dengan cita rasa manis, asam, pedas yang bercampur menjadi satu. Nikmat sekali sensasi pedasnya.

  1. Bakakak Hayam
Foto: iStock/Ika Rahma

Makanan khas Sunda berikutnya adalah Bakakak Hayam. Ini adalah salah satu hidangan ayam panggang dengan porsi jumbo. Ayam utuh yang dibakar atau dipanggang dan disajikan bersama dengan lalapan dan sambal lalu disantap bersama-sama sekeluarga. Menjadi menu favorit di setiap rumah. Biasanya orang Sunda memasak hidangan Bakakak Hayam ini pada acara adat, seperti prosesi huap lingkup, acara pernikahan, juga acara pengantin sunat. 

  1. Soto Bandung
Foto: iStock/Febby Kurniawan

Bedanya Soto Bandung dan soto pada umumnya yang Anda jumpai adalah isinya yang terdiri dari potongan daging, lobak, dan kacang kedelai yang digoreng. Nah, kuahnya yang istimewa. Kaldu dagingnya dimasak bersamaan dengan tumisan bawang putih, merica, garam, dan jahe yang membuat rasa sotonya gurih dan hangat di badan setelah memakannya. Tak lengkap rasanya jika memakan Soto Bandung tanpa kerupuk udang. Jadi jika Anda mampir ke Bandung, jangan lupa mencoba menu makanan yang satu ini. Mungkin hanya akan Anda temui cita rasa yang asli di sana. Jangan sampai terlewat ya.

  1. Mie Kocok
Foto: wikipedia.org

Kuliner khas Bandung berikutnya adalah Mie Kocok. Setiap sudut di Kota Bandung, Anda akan dengan mudah menjumpai penjual Mie Kocok ini. Warga Bandung sangat suka dengan menu yang satu ini, penjualnya tak pernah sepi pembeli. 

Asal mulanya nama mie kocok ini tercetus adalah karena proses pembuatannya yang dilakukan dengan mengocok tauge dan mie sambil dicelupkan ke dalam air panas sampai layu dan matang. Proses ini membuat mie matang dengan sempurna. Selain itu, yang istimewa dari menu ini adalah tambahan kulit atau kikil sapi yang semakin menambah kelezatan mie. Apalagi ada topping bawang goreng dan potongan daun bawang berpadu dengan kuah kaldu sapi yang kental, hmm nikmat sekali. Beda dengan mie yang lainnya. Wajib banget coba menu ini kalau main ke Bandung.

  1. Empal Gentong
Foto: iStock/MielPhotos2008

Makanan khas sunda, lebih tepatnya daerah Cirebon, adalah empal gentong. Latar belakang nama menu ini karena proses memasak dagingnya menggunakan gentong yang dipanaskan di atas kayu bakar. Proses ini membuat dagingnya lebih empuk dan bau harum bumbu-bumbu yang meresap ke dalam daging. 

Selain daging, menu ini juga menggunakan usus dan babat sapi. Kuahnya kental berwarna kuning. Karena ada campuran santan di dalamnya, kuahnya jadi lebih kental. Empal gentong biasanya disajikan bersama dengan lontong dan kerupuk emping di atasnya. Disantap selagi hangat tambah nikmat. 

  1. Combro
Foto: iStock/Ika Rahma

Combro ini kepanjangannya adalah “oncom di jero” atau terjemahan bahasa Indonesianya adalah oncom di dalam. Jadi menu khas orang sunda ini terbuat dari singkong yang diparut dan di dalamnya diisi dengan tumisan oncom yang telah dibumbui. Selanjutnya dibentuk bulatan dan digoreng. Camilan yang satu ini memiliki cita rasa yang gurih dan pedas. Cocok sekali menjadi teman ngopi atau ngeteh di pagi hari. 

  1. Kadedemes
Foto: jatim.poskota.co.id

Arti dari Kadedemes yang berasal dari bahasa Sunda ini adalah “merasa sayang dengan barang yang tak lagi dimanfaatkan.” tahukah Anda bahwa kadedemes ini adalah olahan dari kulit singkong yang bisa dimakan. Biasanya orang hanya makan bagian dalam yang berwarna putih saja, sedangkan kulitnya dibuang. Nah, orang Sunda memanfaatkan kulitnya menjadi sajian makanan yang lezat. 

Kadedemes ini dulunya adalah menu yang dimasak saat musim paceklik tiba, terutama pada masa penjajahan Belanda dulu. Kulit singkong dicuci bersih dan ditumis bersama dengan bumbu sampai matang dan tercium harum. Disajikan bersama nasi hangat dan kerupuk, hmm nikmat. 

Nah, itu tadi menu makanan khas orang Sunda yang lain daripada daerah lain. Anda bisa mencobanya kalau main ke sana. Bandung dan daerah Jawa Barat lainnya punya banyak tempat wisata juga yang bisa Anda coba. Jangan lewatkan wisata kulinernya juga, kapan lagi iya kan puas-puas main ke Jawa Barat. Selamat mencoba!

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published.