Berita Terkini Hari Ini, Informasi semua mengenai Indonesia

10 Jajanan Aci Khas Bandung yang Kekinian, Apa Saja Ya?

Bandung punya banyak pesona dan cerita istimewa yang wajib banget dikunjungi siapa saja. Selain terkenal dengan banyak tempat wisata, Bandung juga menjadi surganya jajanan yang beraneka macam. Kuliner yang sangat diminati dan kekininan bagi warga Bandung adalah jajanan yang terbuat dari aci. Makanan ini sangat cocok di lidah siapa saja, baik anak kecil hingga dewasa. Aci punya tekstur yang kenyal sehingga banyak orang yang suka. Banyak jajanan khas Bandung yang bahan dasarnya dari tepung ini. 

Jajanan Khas Bandung yang Terbuat dari Aci

Aci disebut juga dengan tepung kanji atau tepung tapioka. Dari satu bahan utama ini, orang Bandung mengolahnya menjadi beragam jenis dan bentuk jajanan yang kekinian. Apa saja ya kira-kira jajanan khas Bandung yang terbuat dari aci ini? Berikut 10 di antaranya yang wajib banget Anda coba:

1. Cilok (aci di colok)

Foto: iStock/Ika Rahma

Jajanan aci pertama khas Bandung adalah cilok atau aci dicolok. Sebenarnya jajanan ini juga bisa Anda temukan di mana pun di Pulau Jawa. Sama seperti pentol tanpa daging. Namun, jajanan aci khas Bandung ini tetap istimewa. Proses pembuatannya sangat sederhana, seperti bakso tapi tanpa daging. Jadi, tepung aci atau kanji atau tepung tapioka dicampur dengan air dan bumbunya. Setelah itu uleni sampai adonan kalis. Lalu dibentuk bulat-bulat dan direbus atuau dikukus. 

Penyajian cilok biasanya dicolok menggunakan tusuk sate. Maka dari itu namanya cilok atau aci dicolok. Biasanya di dalamnya dikasih isian bawang goreng. Sekarang isinya cilok semakin beragam, ada abon, ayam, daging, sosis, dan lain-lain. Rasanya semakin mantap. Dimakan anget-anget bersama saus sambal hmm nikmat sekali pasti. Anda sudah pernah mencobanya? 

2. Cilor (aci telor)

Foto: iStock/Adhitya Krisna

Jajanan khas Bandung berikutnya namanya cilor atau aci telor. Adonan dari tepung kanji, dibentuk bulat-bulat lalu dicelupkan ke telor dan digoreng di minyak panas. Mirip dengan sempolan dengan bentuk dan rasa yang agak berbeda. Hmm rasanya gurih dan nikmat. Jajanan cilor ini bisa disajikan dengan saus sambal atau bumbu instan atau bumbu kacang selagi hangat. Kalau dimakan saat dingin nanti jadi alot. Tertarik mencobanya?

3. Cimol (aci digemol)

Orang sunda menyebut jajanan satu ini cimol atau aci digemol. Adonan tepung kanji yang dibentuk bulat, hampir sama dengan cilok tetapi digoreng. Sering sekali menjumpai warga Bandung yang merantau ke luar Jawa Barat untuk menjual jajanan ini. Tentu saja cita rasanya masih khas Bandung. Tekstur dari cimol ini krispi di luar dan tengahnya kopong atau kosong. Lalu dimakan bersama dengan bumbu sambal kering dan penyedap rasa, hmm rasanya nikmat. Penasaran bagaimana ya membuat adonan aci ini bisa jadi kopong di dalam. Gurihnya jajanan ini bikin nagih pengen makan lagi dan lagi. 

4. Cilung (aci digulung)

Foto: orami.com

Ada-ada saja ya singkatannya jajanan aci khas Bandung ini. Cilung atau aci digulung ini berbeda dari adonan jajanan aci sebelumnya. Adonannya lebih cair. Jadi telur yang dikocok dituangkan di wajan tanpa minyak. Lalu setelah kering, baru dituangkan adonan cilung di atasnya. Ketika sudah matang, cilung digulung dengna tusuk sate. Biasanya cilung disantap bersama dengan bubuk instan atau bubuk cabe. Jika Anda ingin makan dengan saus atau mayones tetap enak juga. Penasaran bagaimana rasanya,  pengen coba lah kalau main ke Bandung. 

5. Cirambay (aci rambay)

Foto: youtube wulandari dr

Jajanan kekinian khas Bandung berikutnya adalah cirambay, singkatan dari aci rambay. Bentuknya seperti kwetiau, aci dibentuk seperti mi pipih. Cirambay kalau dalam bahasa Sunda artinya air mata yang berlinang. Jajanan ini memang memiliki cita rasa yang pedas, sehingga siapa saja yang memakannya bisa mengeluarkan air mata. 

Jajanan ini menjadi viral dan diminati banyak orang bahkan diperjualbelikan secara online dengan bentuk instan. Cirambay mirip dengan citarasa bakso aci dan seblak. Bumbu kuahnya khas Bandung dengan cita rasa yang istimewa. Anda biisa mengatur level kepedasannya saat membeli jajanan satu ini. 

6. Cireng (aci digoreng)

Foto: iStock/Tyas Indayanti

Jajanan khas Bandung yang satu ini sangat populer terutama di kalangan anak muda.  Sekarang sudah muncul banyak variasi cireng dengan beraneka varian isi. Ada cireng yang original atau tanpa isian. Bentuknya pipih dan berwarna putih. Ketika digoreng, tekstur cireng menjadi renyal di luar dan kenyal di dalam. Kalau dibelah seperti keju mozarela yang meleleh. Lebih nikmat lagi adonannya diberikan irisan daun bawang atau seledri. 

Isian cireng bisa berupa apa saja. Ada yang isinya keju, ayam suwir pedas, kornet, daging sapi, sosis, bakso, dan lain-lain. Paling cocok dimakan bersama dengan bumbu rujak. Hmm mantap. Makin enak lagi setelah matang langsung dimakan waktu anget-anget. Jadi rasanya lebih gurih dan renyah. 

7. Cibay (aci ngambay)

Foto: Hops.id

Aci ngambay atau cibay kalau dalam bahasa sunda artinya aci basah. Bentuknya seperti lumpia. Adonan luarnya dari kulit lumpia. Lalu isinya berupa adonan aci dan dilengkapi dengan isian yang lain seperti sosis, keju, bakso, ayam suwir, daging, kornet, dan lain-lain. Cibay juga bisa ditambahkan bubuk cabai pada adonannya jika Anda menyukai cita rasa pedas. Tekstur jajanan ini gurih di luar dan lumer di dalam, hmm enak sekali dimakan sama saus sambal. 

8. Bakso Aci

Foto: kompas.com

Pernahkah Anda mencoba jajanan yang satu ini? Bakso aci ini mirip dengan tampilan bakso pada umumnya. Bedanya baksonya terbuat dari aci dan beragam jenis isian. Ada bakso, cuanki, tahu bakso, ceker ayam, dan sesuai selera mau request isinya apa. Kuah pedasnya ini lho yang menggugah selera. Ditambah dengan perasan jeruk nipis yang semakin menambah kesegaran kuah plus taburan pilus yang kriuk di lidah. Hmm benar-benar jajanan kekinian yang buat lidah tidak berhenti mengunyah. Coba deh, Anda sekali mencicipi jajanan ini. Pasti ingin nambah lagi dan lagi. Apalagi bagi Anda yang suka kuliner yang pedas ya. Bakso aci ini salah satunya. 

9. Tahu Aci

Foto: kompas.com

Jajanan yang satu ini mungkin sering kali yang Anda jumpai di rumah. Tahu yang dibalut dengan adonan aci yang kenyal menjadi favorit keluarga. Hampir sama dengan bentuknya batagor, tahu aci ini memiliki tekstur yang lebih kenyal dan renyah. Cocok dijadikan cemilan maupun lauk. Sambalnya juga bisa pakai sambal kecap, saus sambal, atau sambal kacang. Sesuai selera Anda dan keluarga di rumah. Cara pembuatannya juga sederhana tanpa banyak bahan yang dipakai. Hanya bermodal aci, tahu, dan bumbu. Coba deh di rumah, pasti pada suka dengan jajanan yang satu ini. 

10. Cipuk (aci kerupuk)

Foto: wowkeren.com

Baru dengar istilah jajanan yang satu ini, cipuk atau aci kerupuk. Jadi adonan aci dipadukan dengan remahan kerupuk mentah di dalamnya. Jadi teksturnya lebih renyah ketika digoreng dan dimakan, kriuk kriuk. Jajanan ini juga dijual secara online karena peminatnya begitu banyak. 

Cara membuatnya juga simpel sekali. Kerupuk mentah dihancurkan dan direndam dengan air sebentar, kurang lebih lima menit. Lalu ditiriskan dan dicampur dengan aci dan bumbu penyedap. Lebih enak lagi ditambahkan irisan bawang merah dan bawang putih. Uleni dengan air. Adonan lalu dibentuk sesuai selera. Setelah itu dikukus 30 menit dan digoreng di minyak panas. Selesai, cipuk yang kriuk sudah bisa disantap. 

Dari sepuluh jajanan khas Bandung di atas, mana saja yang sudah pernah Anda coba? Menarik sekali ya, Bandung memang surganya kuliner  yang luar biasa. Mau coba jajanan khas Bandung yang kekinian ini? Yuk, main ke Bandung 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.