Berita Terkini Hari Ini, Informasi semua mengenai Indonesia

Horas! Berburu Kuliner Khas Medan,  Ada Apa Saja?

Bihun Bebek Medan (Foto: iStock)

Medan adalah ibukota Provinsi Sumatera Utara yang merupakan kota terbesar ketiga setelah DKI Jakarta dan Surabaya. Medan juga merupakan kota perdagangan, industri, dan juga bisnis yang sedang bertumbuh pesat saat ini. Tak heran jika Kota Medan menawarkan banyak hal yang menarik. Salah satunya adalah tempat wisata dan kuliner khas Medan yang menggugah selera. 

Berburu kuliner di Medan Anda akan menjumpai banyak pilihan menu makanan. Kota Melayu Deli ini punya beragam tempat wisata dan kulineran yang tak boleh absen dicoba. Anda bisa memanjakan perut sepuasnya mencicipi hidangan khas Medan. Selain jadwal liburan di Danau Toba, Istana Maimun, dan tempat wisata lainnya, wisata kulinernya juga wajib Anda coba. Dijamin ketagihan dan ingin kembali ke Kota ini untuk mencicipi. 

10 Kuliner Khas Medan yang Wajib Anda Coba

Ada apa saja  ya kuliner khas Medan yang menggugah selera? Yuk, simak beberapa di antaranya berikut ini:

1. Bihun Bebek

Foto: iStock/MielPhotos2008

Kuliner Medan yang pertama dan wajib dicoba adalah bihun bebek. Orang Medan biasa menyebut hidangan ini dengan Ak Bihun (Ak=bebek). Terdapat dua kuah yang bisa Anda pilih ketika ingin menyantap hidangan ini. Pertama ada duck broth, yaitu kuah yang menggunakan kaldu yang dimasak dengan daging bebebk tanpa menggunakan bahan lain. Sehingga aroma dan cita rasa kaldu bebek benar-benar kuat dalam sup. 

Sedangkan yang kedua disebut dengan herbal soup. Kuah bihun bebek yang satu ini dimasak bersama dengan bumbu-bumbu. Bihun bebek dalam satu mangkuknya terdiri dari bihun, topping irisan daging bebek rebus yang lembut, dan ditambah dengan taburan bawang putih cincang dan irisan acar cabai rawit. Rasanya Joss

2. Lontong Medan

Foto: iStock/MielPhotos2008

Hal yang membedakan Lontong Medan dan lontong yang lainnya adalah bumbu tauco yang gurih dan harum pada sayurnya. Selain itu ada tambahan kecombrang juga yang menambah kesegaran dari Lontong Medan. Lebih lengkap lagi ditambahkan dengan tekokak atau semacam terong yang bulat kecil khas masakan orang Batak. Untuk pelengkapnya, Anda bisa menambahkan telur balado, rendang daging, kentang, atau tempe di atasnya. 

3. Mie Balap

Foto: iStock/MielPhotos2008

Kuliner khas Medan berikutnya adalah Mie Balap. Cara penyajian yang super cepat ini menjadi asal usul nama Mie Balap yang selalu laris manis di pagi dan malam hari. Anda bisa menjumpainya dengan mudah di setiap sudut Kota Medan. Tampilannya mirip dengan kwetiau. Harganya juga tergolong murah, rasanya juga enak. Seporsi hanya seharga Rp.6000. Maka dari itu mie balap ini banyak disukai. 

Beberapa kedai Mie Balap yang terkenal enak ada Mie Balab Mail Krakatau di Jalan Gunung Krakatau. Selain itu, ada Mie Balap Wahidin, Mie Balap Seafood Putra Denai, Mie Balap UBB Jalan Mandala, dan Mie Balap Simpang UMSU. Anda bisa menjelajahi Kota Medan untuk mencicipi Mie Balap istimewa yang hanya ada di Medan ini.

4. Nasi Kentut

Foto: mediapijar.com

Nama yang unik dari kuliner khas Medan ini tentu mengundang rasa penasaran bagi siapa saja. Seperti apa sebenarnya menu nasi Kentut ini? Ternyata Nasi Kentut ini adalah nasi yang dimasak bersama dengan  daun sembukan atau dalam bahasa Indonesia disebut daun kentut. 

Aroma khas daun kentut ini dimanfaatkan untuk membuat hidangan nasi kentut ini begitu istimewa. Ditambah dengan rempah-rempah dan bumbu lainnya, nasi yang pulen dicampur dengan semua bumbu dan daun kentut lalu dibungkus dengan daun pisang. Saat dibuka, aromanya begitu menggugah selera. Biasanya nasi kentut ini disajikan dengan lauk pauk lainnya, seperti ayam goreng, ikan pepes, tempe, tahu, dan sambal. Tertarik untuk mencobanya?

5. Rujak Kolam

Foto: iStock/Ika Rahma

Medan punya kuliner yang segar-segar, yaitu rujak kolam. Tak jauh beda dengan rujak buah pada umumnya, rujak kolam ini terdiri dari berbagai macam buah. Yang berbeda adalah bumbu rujaknya. Rujak Kolam menggunakan kacang yang masih bertekstur saat diuleg, sehingga ada sensasi krenyes atau krispi saat digigit. Selain itu, rujak kolam menggunakan gula aren asli dan terasi Medan. Bumbu yang khas inilah yang menjadikan cita rasa rujak kolam berbeda dari rujak di daerah lain. 

6. Laksa Medan

Foto: iStock/MielPhotos2008

Laksa adalah makanan sejenis mie yang memiliki kuah yang kaya rempah. Ada berbagai macam menu laksa di berbagai daerah dan mempunyai keunikan tersendiri dari bumbunya maupun tampilanya. Tak jauh beda dengan laksan di Palembang, Laksa Medan ini adalah olahan menu ikan dan kuah bersantan dengan citarasa sedikit asam. Laksa Medan disajikan bersama dengan mie beras putih, timun, dan daun mint. 

8. Soto Medan

Foto: inews.id

Masakan khas Medan, Sumatera Barat ini memiliki kuah soto yang pekat dan kaya rempah. Warnanya kuning kental dnegan bau aroma rempah khas Medan. Di atasnya diberi irisan daging ayam atau potongan daging sapi. Lengkap dengan jeruk nipis, telur, dan daun bawang. Sekilas hampir mirip dengan menu soto pada umumnya. Cita rasa racikan khas bumbu Medan yang menjadi pembedanya. 

8. Daun Singkong Tumbuk

Foto: iStock/AmalliaEka

Kuliner unik dari Medan ini berbahan dasar daun singkong yang menjadi menu favorit bagi orang Medan yang blasteran Jawa dan Medan. Daun singkong biasanya banyak dijumpai di dataran Jawa atau Sunda. Namun, lidah Medan cocok juga dengan menu yang satu ini. Daun singkong tumbuh ini seperti sayur lodeh kalau di Jawa. Daun singkong direbus lalu ditumbuk halus dan dimasak bersama dengan bumbu ini disajikan bersama nasi hangat dan ikan asin semakin tambah nikmat.

9. Bubur Pedas

Foto: sumutindozone.id

Dulu, bubur pedas merupakan hidangan khas di lingkungan Kesultanan Del. Apalagi menjadi sajian wajib saat berbuka puasa di masa Tuanku Sultan Makmun Al Rasyid Alam Syah. Namun, sekarang siapa saja boleh memakannya. 

Bubur pedas khas Medn ini memiliki cita rasa yang kaya rempah, seperti kunyit, temu kunci, jintan, temu hitam, temu mangga, dan lain-lain.  Bubur ini sangat penyehatkan karena dicampur juga dengan berbagai sayuran seperti kentang, wortel, dan tauge. Selain itu, ciri khas bubur pedas disajikan dengan sayuran anyang yang terbuat dari daun pakis dan kelapa. 

10. Arsik

Foto: iStock/MielPhotos2008

Menu makanan ikan mas arsik adalah hidangan khas dari masyarakat Batak Toba daerah Toba Samosir dan Tapanuli Utara. Ikan mas biasanya dibumbui dengan berbagai rempah seperti andaliman, bunga kecombrang, asam patikala, lokio atau daun bawang batak. Bumbu khas Batak ini menjadi menu andalan yang tak boleh terlewatkan. Rasanya sangat istimewa. Selain itu, rasa pedasnya juga menambah selera makan dan ingin nambah lagi dan lagi. 

Demikian tadi menu kuliner khas Medan yang tak boleh terlewatkan. Anda tertarik mencoba yang mana? Jangan lupa juga bawa oleh-oleh khas Medan saat pulang ke kampung halaman. Biar yang di rumah merasakan keseruan Anda liburan ke Medan. Selamat berwisata kuliner di Medan. Semoga liburanmu menyenangkan 🙂

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published.