Berita Terkini Hari Ini, Informasi semua mengenai Indonesia

Oleh-Oleh Khas Medan yang Paling Diburu Wisatawan

Medan merupakan ibukota Sumatera Utara yang memiliki pesona wisata yang indah. Berbagai tempat wisata akan memberikan Anda pengalaman seru, menikmati petualangan baru, berwisata di alam, hingga belanja dan kuliner lengkap bisa Anda nikmati. Tentu saja liburan yang menyenangkan tak boleh luput membawa buah tangan untuk kesayangan. Apalagi jika liburannya ke Medan, ada banyak pilihan oleh-oleh khas Medan yang siap diborong. 

Oleh-Oleh Khas Medan

Ada apa saja ya oleh-oleh yang sering diburu oleh para wisatawan? Berikut ini 10 pilihan oleh-oleh yang bisa Anda beli jika berkunjung ke Medan.

1. Bika Ambon

Foto: iStock/Ika Rahma

Siapa yang tidak tahu oleh-oleh khas Medan yang satu ini. Pasti selalu diburu oleh para wisatawan yang datang. Jangan salah, Bika Ambon bukanlah makanan khas Ambon, tetapi memang asli dari Medan. Kabarnya kata Ambon ini berawal dari nama jalan tempat kue ini dijual, yaitu di Jalan Ambon-Sei Kera Medan. Jadilah nama oleh-oleh ini Bika Ambon. 

Sekilas tampilan kue Bika Ambon ini seperti kue bolu yang berongga. Sehingga bentuknya lebih mirip spons berwarna kuning. Cita rasa khas dari Bika Ambon ini berasal dari rempah dan air nira yang telah difermentasikan sehingga memunculkan rasa yang unik. Biasanya Bika Ambon memiliki pilihan rasa original, keju, pandan, pandan keju, moka, dan durian. Jika Anda mampir ke Medan, jangan lupa beli oleh-oleh ini ya untuk di bawa pulang. Dijual mulai dari harga Rp30.000 hingga Rp50.000.

2. Bolu Meranti Medan

Foto: bolumeranti.co.id

Bolu ini terkenal sebagai bolu terenak di Medan. Bolu Meranti Medan memiliki isian yang tebal dan kuenya yang lembut. Sehingga buah tangan ini menjadi favorit para wisatawan yang berkunjung ke Medan. Varian rasanya juga banyak, ada cokelat, keju, moka, nanas, sampai abon. Harganya mulai dari Rp80.000 hingga Rp115.000, tergantung dari rasa yang dipesan. Sekarang ada lebih banyak varian rasa dan menu lain yang ditawarkan. Anda bisa cek dan pesan langsung di website resminya di bolumeranti.co.id.

3. Pancake Durian Medan 

Foto: iStockAhmad Darmansyah

Kalau soal rasa buah durian, Medan juaranya. Jika musim duren tiba, Anda bisa dengan mudah menjumpai penjual durian di pinggir jalan yang dijual dengan harga murah. Selain harga yang murah dan rasa durian yang juara, buah durian Medan juga punya banyak diversifikasi produk yang beragam. Durian dijadikan bahan utama membuat berbagai olahan produk. Salah satunya adalah pancake durian. 

Pancake durian dibuat menggunakan kulit dadar gulung yang tipis dan diisi dengan puree daging durian dan krim kocok di dalamnya. Rasanya sangat manis dan lembut. Bagi pencinta durian wajib banget mencoba oleh-oleh khas Medan yang satu ini. Tampilan dari pancake durian ini begitu cantik. Kulit dadar gulung yang digunakan berwarna cerah seperti hijau, merah, kuning, ungu, dan lain-lain. Ketika digigit, isi puree duriannya lumer di mulut. Hmm nikmatnya rasanya. Anda bisa memborong oleh-oleh ini dengan harga sekitar Rp70.000 hingga Rp80.000 setiap kotaknya.

4. Durian ucok

Foto: ucokdurian.id

Durian Ucok ini katanya adalah The Best Durian seperti klaimnya di websitenya ucokdurian.id. Durian ucok menyediakan oleh-oleh khas Medan dengan berbagai pilihan. Ada durian kupas, pancake durian, daging durian, durian beku, buah durian utuh, dan es durian. Jadi Anda bisa memilih durian yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh sesuai dengan selera. Pencinta durian pasti seperti melihat surganya durian di tempat ini. Durian terbaik ini tak boleh lewat Anda coba. Nanti kecewa lho kalau tidak beli 😀

5. Kacang Sihobuk

Foto: productnation.co

Kacang Medan ukurannya lebih besar dari kacang yang sering kita jumpai di pasar. Kacang Sihobuk ini memiliki citarasa yang berbeda dari kacang sangrai biasanya. Proses pembuatannya perlu direndam dalam air selama tiga jam lebih dan kemudian dikeringkan baru disangrai. Jadi inilah yang mengakibatkan cita rasanya istimewa. 

Kacang Sihobuk biasa dijual di pinggir jalan dan di tempat wisata yang sering dikunjungi wisatawan misalnya di sekitar Danau Toba. Kemasannya 500 gram dan diual dengan harga Rp35.000 setiap bungkusnya. Anda bisa memborong banyak oleh-oleh khas Medan ini sebanyak-banyaknya. Jadi teman selama perjalanan juga cocok. 

6. Medan Napoleon

Foto: gofood.co.id

Anda pasti mengenal artis Irwansyah bukan? Nah, Medan Napoleon ini adalah usaha milik Irwansyah. Oleh-oleh khas Medan ini menggabungkan bolu gulung dan kue pastry pada produknya. Sehingga menghasilkan tekstur dan rasa yang unik ketika memakannya. 

Ada berbagai varian rasa yang bisa Anda pilih. Ada rasa durian, cokelat, keju, green tea, tiramisu, red velvet, dan lainnya. Outletnya sudah tersebar di berbagai tempat. Anda bahkan bisa membelinya ketika di Bandara Kualanamu Medan. Jika Anda naik pesawat dan lupa membeli oleh-oleh, Anda bisa membelinya di sana. Harga setiap kotaknya mulai dari Rp44.000 hingga Rp77.000. 

7. Kopi Sidikalang

Foto: iStock/Netty Lumbantoruan

Kopi Sidikalang adalah rajanya kopi di Sumatera Utara. Kopi ini menjadi primadona bagi para pencinta kopi. Sumatera memang terkenal sebagai penghasil kopi terbaik di Indonesia. Salah satunya adalah kopi Sidikalang yang dihaslkan di daerah Sidikalang, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.

Kopi ini berasal dari biji kopi robusta yang memiliki kadar kafein yang tinggi,s ekitar 70-80%. Selain rasanya yang nikmat bagi para pencinta kopi, kopi Sidikalang ini juga memiliki aroma yang wangi. Cita rasanya seperti cokelat dan sedikit manis.Jika Anda singgah di daerah ini, jangan lupa membeli Kopi Sidikalang untuk oleh-oleh kesayangan di rumah. Apalagi jika suka mengkonsumsi kopi setiap hari, oleh-oleh ini sangat cocok dijadikan buah tangan.

8. Lemang

Foto: iStockAlex Liew

Lemang Medan memiliki bahan dasar dari beras ketan dan santan yang digulung dalam daun pisang lalu dibakar dengan seruas bambu. Aromanya sangat khas. Biasanya dijajakan di pinggir jalan oleh pedagang. Lemang ini adalah salah satu menu yang selalu ada di saat bulan ramadhan. Namun, di luar bulan ramadhan juga masih bisa Anda menemui lemang ini. Coba saja cita rasa yang berbeda dari menu yang satu ini. Jarang ditemui di daerah lain selain di Medan. 

9. Lapis Legit

Foto: iStock/Ika Rahma

Oleh-oleh khas Medan ini cocok sekali untuk Anda yang suka cita rasa manis. Sama seperti namanya, lapis legit ini rasanya manis sekali. Dengan tekstur yang lembut dan corak warna yang menarik, lapis legit ini seringkali menjadi oleh-oleh yang populer dan menjadi kesukaan para wisatawan. Sekarang ini juga sudah banyak topping yang bisa Anda pilih dari oleh-oleh yang satu ini. Ada varian rasa keju, cappuccino, chocochips, dan raisin.

10. Sirup Buah Markisa

Foto: iStock/EnchantedFairy

Medan sangat terkenal dengan hasil olahan buah markisa, salah satunya adalah produk Sirup Buah Markisa. Tentu saja sirup ini terbuat dari buah markisa yang segar. Mengandung banyak vitamin C. Merk sirup markisa yang terkenal sejak dulu adalah Sirup Markisa Ny.Lim. Anda bisa membeli satu botol sirup markisa dengan harga Rp50.000. Sirup ini sangat cocok diseduh di saat terik matahari yang panas di siang hari dengan es. Hmm pasti menjadi minuman yang menyegarkan. 

Itu tadi oleh-oleh yang bisa menjadi pilihan saat Anda berkunjung ke Medan. Jangan lupa membeli buah tangan untuk orang-orang kesayangan di rumah. Semoga liburan Anda menyenangkan di Medan 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.