Berita Terkini Hari Ini, Informasi semua mengenai Indonesia

10 Tari Adat Tradisional Indonesia yang Mendunia

tari legong Bali

Indonesia memiliki beragam suku dan budaya membuat negara ini punya beragam warna. Setiap daerah memiliki kekhasan masing-masing. Hal ini juga membuat daerah-daerah di Indonesia memiliki  tari tradisional. Beberapa di antaranya bahkan telah melakukan pertunjukan di skala internasional. Mengangkat nama Indonesia, beberapa tarian adat di bawah ini telah mendunia. Berikut 10 di antaranya:

1. Tari Jaipong (Jawa Barat)

Tari Jaipong (Foto: istock/Bayuharsa)

Tarian tradisional Indonesia yang mendunia pertama adalah tari Jaipong dari Jawa Barat. Disebut juga Tari Jaipong Mojang Priangan. Tari ini pernah pentas di Festival Dance Around the World di Cecil Sharp House, London oleh SMKN 10 Bandung. 

Ciri khas dari tarian ini adalah lenggokan tangan dan gerakan kepala penari yang begitu indah. Tari Jaipong pertama kali diciptakan oleh H.Suanda dan mulai dipopulerkan pada tahun 19160-an melalui Suanda Grup. Tarian ini sudah sering dipentaskan di festival seni internasional yang mewakili Jawa Barat dan Indonesia tentunya. 

2. Tari Kecak (Bali)

Tari Kecak (Foto: istock/hedge111)

Tari tradisional khas Bali yang mendunia ini mempertunjukkan hiburan massal oleh sekelompok penari laki-laki yang berjumlah 50 hingga 150 orang berbaris secara melingkar. Alat musik yang digunakan adalah gamelan dan suara para penari yang berteriak bersahutan satu sama lain dengan kata ‘cak cak cak’. Mereka menggunakan kain khas bali berwarna kotak-kotak.Penari-penari ini juga mempertunjukkan atraksi yang kebal terhadap api. 

Tari Kecak  diciptakan oleh Wayan Limbak pada tahun 1930. Kepopulerannya di mancanegara pernah dibantu oleh Walter Spies, pelukis asal Jerman. Selain itu, tari Kecak juga menjadi kurikulum mahasiswa Victorian College of the Art (VCA) yang merupakan bagian dari Universitas Melbourne.

3. Tari Topeng

Tari Topeng Klana (Foto: istock/Gumpanat)

Tari tradisional yang mendunia berikutnya adalah tari Topeng. Bukan hanya berasal dari Betawi, Tari Topeng juga ada yang berasal dari Cirebon, Magelang, Bali, dan Malang. 

Pertama kali diciptakan oleh Mbah Karimun yang berasal dari Dusun Kedungmonggo, Kabupaten Malang. Tarian ini mendunia dan pernah masuk dalam proyek film band Coldplay yang berjudul Amazing Day. Dalam video yang berdurasi 4:33 detik, pertunjukan tari Topeng turut andil diperkenalkan di seluruh dunia. 

4. Tari Ondel-Ondel

Ondel-Ondel (Foto: istock/benito_anu)

Boneka besar dengan ketinggian sekitar 2,5 meter dan dipikul dengan anyaman bambu adalah ciri khas dari kostum Tari Ondel-ondel. Tak jarang, anak kecil yang melihat ini takut dengan sosok boneka besar ini. Bagian wajah Ondel-ondel dipakaikan topeng dan dihiasi dengan rambut yang terbuat dari ijuk. 

Almarhum Benyamin pernah merilis sebuah lagu ciptaannya yang berjudul Ondel-ondel. Akhirnya nama Ondel-Ondel ini mulai terkenal luas di masyarakat Indonesia. Wajah menyeramkan Ondel-Ondel juga sudah diubah menjadi lebih bersahabat. Sehingga tak ada lagi kesan menyeramkan dari boneka besar ini. 

5. Tari Poco-Poco

Poco-Poco (Foto: tabloidbintang.com)

Tari Poco-Poco pernah masuk ke dalam buku rekor Guinness World Records pada tahun 2018 lalu. Kegiatan senam Poco-Poco yang diikuti oleh 65.000 orang itu telah mencatat sejarah untuk Indonesia. Tarian ini  diadakan untuk menyambut Asian Games dan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke 73 yang diselenggarakan di Jakarta dan Palembang.

Tari Poco-Poco diciptakan pertama kali bermula karena ada sebuah pesta yang dihadiri oleh Arie Sapulette, yang merupakan pencipta lagu Poco-Poco. Akhirnya terciptalah tarian dan alunan musik dari Tari Poco-Poco. Tarian ini juga terkenal di kalangan TNI dan Polri yang sering dijadikan senam pagi. 

6. Tari Piring

Tari Piring (Foto: gapurazone)

Kesenian tradisional Tari Piring yang berasal dari Sumatera Barat ini pernah dipentaskan oleh Padjadjaran Seni dan Tari Unpad pada ‘Nan Ying International Festival’ di Taiwan. Tari Piring atau “Piriang’ biasa dipentaskan dalam acara Minangkabau. Diiriingi dengan alunan musik tradisional khas Minangkabau yaitu talempong, saluang, dan gendang.

Biasanya penari berjumlah ganjil, bisa tiga, lima, atau tujuh penari. Pakaiannya cerah dengan nuansa merah dan kuning keemasan. Penari laki-laki dan perempuan akan menari dengan lincah dengan iringan musik yang menakjubkan.

7. Tari Saman (Aceh)

Tari Saman (Foto: istock/Danikancil)

Tarian tradisional Indonesia yang mendunia berikutnya adalah Tari Saman. UNESCO telah mengakui tarian yang berasal dari Kabupaten Gayo Lues Aceh ini sebagai warisan budaya dunia dan tentunya akan terus dilestarikan hingga kini. 

Para penari dengan kompak melakukan gerakan dengan cepat dan seirama dengan para penari lainnya. Tari Saman telah membawa nama Indonesia di seluruh penjuru dunia. Keindahan budaya Indonesia tampak menakjubkan dari seni tari dari Aceh ini. Semoga Tari Saman akan terus dilestarikan hingga masa mendatang dan tidak tergeser dengan budaya-budaya asing yang mulai mengikis generasi muda saat ini.

8. Reog Ponorogo (Jawa Timur)

Reog Ponorogo (Foto: istock/5bf5911a_905)

Tarian Reog Ponorogo telah dikenal di penjuru dunia. Kesenian dari Ponorogo ini telah menarik perhatian para wisatawan mancanega. Reog Ponorogo pernah tampil di Los Angeles, London, Korea, Suriname, Rusia, Spanyol, dan negara lainnya. 

Keunikan kesenian ini bisa Anda lihat pada keindahan reog dengan bulu merak dan atraksi yang dipertunjukkan. Berat kostum reog ini diperkirakan bisa mencapai 50 kg. Bahkan ada pertunjukkan seorang penari yang menaiki kepala reog di atasnya. Benar-benar luar biasa. Kesenian Reog ini diiringi juga oleh penari Jatil, yaitu penari yang menggunakan properti kuda lumping. Ada juga warok dan atraksi-atraksi lainnya. Tak heran jika tarian Reog Ponorogo ini mendunia. 

9. Tari Legong (Bali)

Tari Legong (Foto: istock/Bicho_raro)

Selain tari tradisional Kecak dari Bali yang mendunia, tari Legong juga turut dikenal di kancah internasional. Pulau Dewata Bali memang punya sejuta pesona. Legong berasal dari kata leg yang artinya gerakan tari yang luwes dan gong adalah gamelan. Sehingga tarian ini memiliki gerakan yang kompleks dan berpadu dengan alunan gamelan yang memukau. 

Bali menjadi tempat pariwisata yang ramai dikunjungi para wisatawan, sehingga ini menjadi potensi untuk memperkenalkan kesenian tradisional Indonesia di kancah dunia. Para turis dari mancanegara sangat tertarik untuk belajar kesenian tradisional di Bali. Dari sinilah tari Legong dan kesenian Bali mulai dikenal mendunia.

10. Tari Kipas Pakarena (Gowa, Sulawesi)

Tari kipas (Foto: theinsidemag.com)

Provinsi Sulawesi Selatan memiliki sebuah tarian yang sudah mendunia dan menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang datang ke Indonesia. Tari Kipas Pakarena yang menggambarkan perempuan Bugis yang sopan, lembut, setia, dan mandiri. 

Tari Pakarena saat ini berfungsi sebagai sebuah wujud rasa syukur atar panen yang melimpah dan sebagai hiburan serta promosi pariwisata di Sulawesi Selatan. Sehingga tarian ini menjadi dikenal oleh dunia. 

Demikian tadi 10 tari tradisional Indonesia yang mendunia. Semoga generasi Indonesia sekarang ini semakin cinta terhadap budaya negeri tercinta. Melestarikan kesenian tradisional dan bangga dengan keragaman budaya Indonesia yang beraneka warna.

Leave a Reply

Your email address will not be published.