Berita Terkini Hari Ini, Informasi semua mengenai Indonesia

5 Kebun Raya yang Ada di Indonesia, Cocok Dikunjungi Saat Liburan Tiba!

Inilah 5 Kebun Raya yang Ada di Indonesia, Cocok Dikunjungi Saat Liburan Tiba!

Liburan memang sesuatu yang dinantikan banyak orang. Selain digunakan untuk beristirahat dan melepas penat setelah bekerja tak kenal waktu, liburan juga dapat dimanfaatkan untuk menambah wawasan, lho. Nah, rekomendasi destinasi yang paling pas untuk dipilih adalah kebun raya. Selain tempatnya yang luas dan terbuka, Sobat Pesona dapat melihat beraneka jenis pohon dan tanaman yang unik dan juga langka. Bahkan, tidak sedikit tanaman yang ada di kebun raya berasal dari luar negeri, lho.

Kebun raya merupakan suatu lahan yang ditanami berbagai jenis tumbuhan yang ditujukan untuk keperluan, koleksi, penelitian, dan konservasi. Selain untuk penelitian, kebun raya ini juga dibuka sebagai sarana wisata dan edukasi. Saat kamu berkunjung ke kebun raya, kamu tidak hanya menikmati keindahan alam dan keasrian lingkungannya, tetapi kamu juga akan mendapatkan tambahan wawasan mengenai tanaman yang dikoleksi disana.
Ada banyak sekali kebun raya yang bisa kamu jadikan destinasi liburan untuk sejenak menyegarkan diri dan lebih dekat dengan alam. Berikut ini merupakan daftar beberapa kebun raya di Indonesia yang dapat kamu kunjungi saat liburan tiba:

1. Kebun Raya Bogor
Kebun Raya Bogor atau Kebun Botani Bogor terletak di Kota Bogor, Jawa Barat. Kebun raya yang memiliki luas mencapai 87 hektar ini memiliki 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan yang terdiri dari 3.504 spesies tanaman dari 1.273 genus dan 199 famili. Kamu bisa menemukan berbagai jenis tanaman dari berbagai daerah yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah bunga Rafflesia Arnoldi yang ditemukan oleh Thomas Stamford Raffles. Selain menjadi penemu, ia juga menjadi penggagas berdirinya Kebun Raya Bogor, lho.

Selain udaranya yang sejuk, Kebun Raya bogor juga memiliki beberapa spot foto yang instagramable. Pengunjung bisa berfoto di Jembatan Merah, Monumen Lady Raffles, Daun Gunting, hingga beragam spot foto menarik lainnya. Kamu juga dapat mengunjungi wisata malam di Kebun Raya Bogor, lho. Setiap akhir pekan Kebun Raya Bogor membuka wahana yaitu GLOW Kebun Raya Bogor yang menawarkan sensasi menjelajah kebun raya di malam hari ditemani instalasi lampu yang menarik.

Bukan hanya kebun biasa, kamu juga bisa menemukan museum yang menyimpan berbagai koleksi mengenai hewan-hewan. Di dalam museum Zoologi Bogor terdapat berbagai jenis satwa diawetkan. Jumlah spesies di pamerkan mencapai 2.000 jenis. Tak hanya fosil hewan saja, di museum Kebun Raya Bogor juga terdapat diorama-diorama binatang sebagai figur utama. Salah satu koleksi paling memikat di sini, yakni tulang dan kerangka paus biru. Penasaran? Kamu bisa datang langsung ke kebun raya yang terletak di Jalan Ir. H. Juanda No. 13, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat ini.

2. Kebun Raya Cibodas
Kebun Raya yang terletak di Kawasan Hutan Gunung Gede dan Gunung Pangrango ini adalah tempat yang tepat untuk mengajak keluarga untuk berwisata edukasi. Kebun Raya Cibodas termasuk tempat untuk melestarikan berbagai spesies tumbuhan luar maupun dalam negeri. Kebun raya ini masih merupakan bagian dari Kebun Raya Bogor karena dirancang oleh ahli Botani yang sama dengan Kebun Raya Bogor.

Kebun raya Cibodas juga memberikan fasilitas camping ground sekitar 200 tenda. Kebun Beberapa titik favorit para pengunjungnya antara lain Taman Sakura, Air Terjun Cibeureum, Rumah Kaca, Araucaria Venue, Taman Rhododendron, Bunga Bangkai Raksasa, Taman Lumut, dan Jalan Air. Apabila kamu ingin pergi kesana kebun raya ini terletak Jl. Kebun Raya Cibodas, Cimacan, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

3. Kebun Raya Purwodadi
Destinasi kebun raya selanjutnya yaitu Kebun Raya Purwodadi yang menyimpan sekitar 2000 jenis tumbuhan dengan total jumlah spesies yang mencapai hingga 11.000 yang menempati luas lahan 85 hektar. Kebun raya ini terletak di Pasuruan, Jawa Timur dan sangat mudah dicari karena berada persis di sisi Jalan Raya Surabaya-Malang Kilometer 65.

Berada di ketinggian 300 mdpl dan menjadikan cuaca di sekitar kebun raya di Indonesia satu ini terasa nyaman dan sejuk. Kebun raya Purwodadi menjadi salah satu tempat wisata keluarga favorit di Jawa Timur karena terdapat outbond dan juga fasilitas olahraga.

Kebun raya ini pun dilengkapi dengan bangunan-bangunan gazebo yang berdiri di tengah-tengah taman untuk beristirahat sejenak saat mengitari kebun raya. Kamu juga bisa melihat-lihat koleksi berbagai jenis anggrek dan beberapa jenis bunga lainnya di rumah kaca, lho.

4. Kebun Raya Eka Karya
Kali ini merupakan kebun raya di luar Pulau Jawa. Kebun Raya Eka Karya Bali atau lebih dikenal dengan Kebun Raya Bali atau Kebun Raya Bedugul ini merupakan destinasi wisata kebun raya yang memadukan penelitian botani, pelestarian tumbuhan, pendidikan, dan rekreasi. Terletak di daerah Bedugul yang merupakan titik tengah pulau Bali, di kebun raya satu ini kamu bisa bersantai sambil menikmati keindahan dan ketenangan alam.

Berkunjung ke sini kamu bisa melihat tumbuhan hutan hujan tropik. Dengan luas 157,5 hektare, kebun raya ini memiliki beberapa spot menarik seperti Taman Paku yang berisi koleksi tanaman-tanaman paku, lalu ada Taman Surya Nirwana dengan pemandangan indah ke Danau Beratan dan Bukit Pengelengan yang bisa kamu temukan di Kebun Raya Eka Karya.

Selain bisa menikmati segarnya tumbuh-tumbuhan hutan hujan tropis, kamu juga bisa menikmati keindahan dan kicauan burung-burung yang ada di sekitar kebun raya ini. Ada pula beragam atraksi wisata yang bisa dicoba, salah satunya adalah Bali Treetop Adventure Park, yang menyajikan beragam wahana outbound dan sebagainya. Kamu juga bisa menjajal mobil wisata yang akan mengelilingi kebun raya untuk menikmati keindahan kebun raya tanpa capek berjalan kaki.

5. Kebun Raya Samosir
Saat mendengar kata Samosir, hal pertama yang lintas di benak kita pasti keindahan alam Danau Toba. Ya, rekomendasi selanjutnya adalah Kebun Raya Samosir yang terletak di Danau Toba. Kebun raya seluas 100 hektar ini merupakan salah satu destinasi wisata terbaik di Sumatera Utara. Sebab, kawasan kebun raya ini menyimpan keindahan luar biasa berupa lanskap alam berupa pegunungan di atas kaldera terbesar di dunia.

Kebun raya ini memiliki berbagai koleksi pepohonan dan tumbuhan yang sangat lekat dengan budaya Batak, seperti tanaman untuk obat-obatan, pewarna alami untuk membuat kain ulos, berbagai jenis rempah dan buah-buahan, serta beberapa jenis pohon pinus endemik. Bangunan yang ada di sekitar kebun raya ini juga memiliki desain arsitektur dan ornamen yang disesuaikan dengan filosofi adat Batak, misalnya ukiran cicak yang melambangkan kesetiaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.