Berita Terkini Hari Ini, Informasi semua mengenai Indonesia
Wisata  

8 Daftar Taman Nasional di Indonesia dengan Keindahan Alam yang Eksotis

Berwisata alam merupakan salah satu alternatif yang dapat kamu lakukan untuk mengisi liburan. Selain melihat pemandangan yang indah, mengunjungi wisata alam juga dapat menyegarkan pikiran. Taman nasional merupakan salah satu destinasi tempat wisata yang dapat kamu kunjungi apabila kamu ingin berwisata sambil berpetualang. Dengan kondisi alam Indonesia yang kaya, Indonesia memiliki banyak sekali taman nasional yang dapat menjadi tujuanmu untuk berwisata.

Taman nasional adalah kawasan pelestarian alam yang dikelola oleh pemerintah, tapi boleh dikunjungi oleh masyarakat umum. Di taman nasional, Anda bisa menjumpai berbagai flora dan fauna yang dilindungi. Di kawasan konservasi ini Anda bisa berwisata sekaligus mengenal berbagai flora dan fauna yang ada di Indonesia. Anda bisa memilih sendiri dari daftar taman nasional di Indonesia yang ada dan ingin Anda kunjungi ketika liburan tiba bersama keluarga. Yuk, intip 8 rekomendasi taman nasional yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga:

1. Taman Nasional Ujung Kulon

Taman nasional pertama yang menjadi rekomendasi yaitu Taman Nasional Ujung Kulon yang terletak di Provinsi Banten. Taman nasional ini terkenal dengan badak bercula satu (Rhinoceros sondaicus) yang populasinya terancam punah. Taman nasional yang memiliki luas 107.489 hektar ini termasuk ke dalam Situs Warisan Dunia.

Tak hanya rumah bagi badak bercula satu, taman nasional ini juga merupakan habitat dari berbagai satwa liar, seperti merak, banteng, kera ekor panjang, babi hutan, dan ayam hutan. Kawasan taman nasional di Indonesia kamu juga bisa menjumpai pantai dengan pasir putih di lokasi yang berada di paling ujung barat Pulau Jawa ini.

2. Taman Nasional Karimunjawa

Tangkapan udara dari Taman Nasional Karimunjawa

Rekomendasi selanjutnya adalah Taman Nasional Karimunjawa yang merupakan sebuah taman nasional yang terletak di utara pulau Jawa. Kawasan taman nasional ini berada dalam administrasi Kabupaten Jepara yang pengelolaannya terdiri dari zona inti, zona perlindungan dan zona pemanfaatan. Taman nasional ini merupakan sebuah pulau yang terletak sekitar 120 km di utara Kota Semarang. Pulau ini hanya bisa dijangkau dengan perahu melalui Jepara atau Semarang dengan memakan waktu kurang lebih enam jam.

Kawasan taman nasional ini memiliki bentang alam sangat beragam yang meliputi hutan bakau, padang lamun, padang rumput, hutan hujan tropis, hutan pesisir, hingga keindahan alam bawah laut dengan terumbu karang dan biota laut yang menawan. Taman Nasional Karimunjawa sangat populer dengan penangkaran hiu. Penangkaran hiu ini dapat dikunjungi wisatawan yang ingin melihat lebih dekat hiu-hiu yang dikonservasi di taman nasional ini.

3. Taman Nasional Gunung Leuser

Pemandangan indah di Taman Nasional Gunung Leuser

Selanjutnya adalah Taman Nasional Gunung Leuser yang terletak di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara. Pesona alam liar dengan paduan hutan hujan tropis dan sungai yang arusnya pelan adalah pemandangan yang akan kamu temui di taman nasional ini. Pemandangan yang indah nan eksotis menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang mengunjungi taman nasional ini. Taman Nasional Gunung Leuser juga merupakan habitat dari satwa dilindungi seperti orang utan Sumatera. Bila cuaca bersahabat, para pengunjung bisa masuk ke dalam hutan dan bertemu langsung dengan populasi hewan yang dilindungi tersebut.

Taman nasional ini memiliki 2 status internasional, lho. Salah satunya adalah sebagai Cagar Biosfer pada tahun 1981. Cagar Biosfer – didefinisikan sebagai kawasan ekosistem daratan atau pesisir yang diakui oleh Program Man and the Biosphere UNESCO untuk mempromosikan keseimbangan hubungan antara manusia dengan alam. Selain itu, taman nasional ini juga dinobatkan menjadi salah satu warisan alam dan budaya dunia yang ditetapkan oleh UNESCO serta World Heritage Committee.

4. Taman Nasional Baluran

Taman nasional selanjutnya ini sering dijuluki sebagai Afrika kecil di Pulau Jawa. Taman Nasional Baluran adalah taman nasional yang terletak di Banyuwangi, Jawa Timur. Saat kamu memasuki kawasan taman nasional ini kamu akan disuguhkan savana Bekol dengan latar Gunung Baluran. Savana ini merupakan savana terluas di Pulau Jawa, lho.

Terdapat 44 jenis flora, 26 jenis mamalia, 155 jenis burung yang hidup berdampingan di Taman Nasional Baluran. Tak jarang hewan liar seperti rusa dan monyet ekor panjang muncul di hadapan pengunjung secara bergerombol. Bahkan kalau beruntung, kamu bisa melihat banteng, kerbau, kucing bakau, macan tutul, hingga burung merak.

Bergeser ke timur, masih dalam kawasan Taman Nasional Baluran, terdapat Pantai Bama yang menawarkan pemandangan indah dengan pasir putih dan laut biru membentang luas.

5. Taman Nasional Teluk Cenderawasih

Pemandangan indah Taman Nasional Teluk Cenderawasih apabila dilihat dari udara

Papua ternyata menyimpan berbagai keindahan alam yang luar biasanya. Tak hanya Raja Ampat, ternyata ada lho taman nasional lain yang menyimpan keindahan alam yang tak kalah indahnya dari Raja Ampat. Taman Nasional Teluk Cenderawasih merupakan taman nasional laut terbesar di Indonesia.

Lokasi taman nasional Indonesia satu ini berada di sebelah timur dari kepala cenderawasih Pulau Papua. Taman Nasional Teluk Cenderawasih pun banyak menyimpan biota laut lengkap dengan terumbu karang yang sangat indah. Tak heran ya jika taman nasional di Indonesia ini menjadi salah satu spot menyelam yang cukup populer, bahkan tempat ini juga dinobatkan sebagai tempat menyelam terbaik di Nusantara.

6. Taman Nasional Lorentz’

Selanjutnya adalah Taman Nasional Lorentz’ yang terletak di di daratan Papua. Membutuhkan waktu yang panjang dan perjuangan yang tak mudah untuk sampai ke taman nasional ini. Namun, semua itu akan terbayar dengan pemandangan menawan yang ditawarkan oleh taman nasional ini. Uniknya, Taman Nasional Lorentz memiliki gletser yang sebenarnya agak sulit ditemui di daerah beriklim tropis.

Taman nasional yang memiliki luas 2,4 juta hektar ini merupakan tempat berdiamnya suku asli Papua, seperti suku Dani Barat, suku Asmat, suku Nduga, dan suku Sempan. Taman Nasional Lorentz pun sudah dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada 1999. Taman nasional ini juga dinobatkan menjadi taman nasional terluas di Asia Tenggara, lho.

7. Taman Nasional Tanjung Puting

Taman Nasional Tanjung Puting

Taman Nasional Tanjung Puting berada di wilayah semenanjung selatan Kalimantan Tengah. Taman nasional yang memiliki luas 3.550 km2 ini jadi rumah untuk puluhan ribu orang utan Kalimantan. Sebelum menjadi taman nasional, Tanjung Puting pada awalnya merupakan cagar alam dan suaka margasatwa yang ditetapkan oleh Pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1937. Selain melihat kumpulan orang utan, kamu juga bisa menjelajah sungai di antara hutan di kawasan taman nasional Indonesia ini sembari melihat ragam satwa lainnya yang hidup di alam liar.

8. Taman Nasional Komodo

Pulau Komodo memang jadi tujuan wisata yang sangat mainstream di Indonesia. Pulau ini sendiri termasuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo yang jadi rumah untuk para Komodo, hewan endemik Indonesia yang hidup bebas. Bila kamu beruntung saat datang ke sana, kamu juga bisa melihat rusa timor, kuda liar, monyet ekor panjang, dan kerbau liar. Taman nasional ini juga terdapat spot diving yang cukup populer yang kabarnya menjadi jalur migrasi paus, penyu, lumba-lumba, hiu, dan ikan duyung.

Leave a Reply

Your email address will not be published.